hello apa kabar

sejenak berkontemplasi

pengkritisan hukum dalam realitas (Mulyanto, SH. M.Hum)

tugas sosiologi (revised)

Posted by mulyanto on Nov-20-2008


Mahasiswa diharapkan mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh dengan menghindari plagiat (plagiarism) sebab apalah arti suatu mahakarya hebat jika itu bukan produk karya saudara. Tugas SOSIOLOGI yg semula dikumpulkan & dipresentasikan pada perkuliahan terakhir rabu 24 desember 2008. Sehubungan dg adanya libur natal maka dimajukan (pengumpulan&presentasi) pada hari rabu 17 des 2008. Semoga saudara2 tertantang untuk berebut presentasi sebab selain aktualisasi diri juga reward (apresiasi) dari dosen yang bersangkutan.  Semoga menjadi sebuah Maha-karya coz sdr adalah Maha-siswa alias mahanya dari siswa2. Selamat berkarya & Selamat Mengerjakan!!!

Selengkapnya file tugas sosiologi mandiri (perseoranga) dapat didownload/diunduh (tinggal klik) pada tugas-makalah-sosiologi

  1. Niko Estradiyanto FH'08 Said,

    I’m Support your opinion, sir…!

    No PLAGIAT, Be HaPPy…

    Thank’s for your spirit… ^_^

    GBU.

  2. hamdan Said,

    pak downloadnya ga bisa???

  3. hamdan Said,

    pak saya nggak bisa downloadnya…

  4. hamdan Said,

    pak saya masih bingung rumusan masalahnya itu isinya apa ya pak?
    pertanyaan bukan?

  5. mulyanto Said,

    Setelah ada petunjuk downloadnya skr dah bisa to? tinggal klik aja

    Utk rumusan masalah itu standarnya dibuat dalam bentuk pertanyaan aja. RM ini akan dicari jawabannya dlm bab Pembahasan. So musti konsisten kalo ada 2 RM maka Pembahasannya jg 2 gitu dech. RM yg standar biasanya berisi (1) paparan/ deskripsi masalah yg akan dibedah; (2) analisisnya akan lebih bagus lagi kalo sdr mampu memberikan solusi jitu yg aplikatif thp permaslahan tsb.

  6. mega'08 Said,

    pak… kalo gak ada footnote’nya gak papa kan??

  7. mulyanto Said,

    yeee…usahakan pake-lah itu footnote itu standar penulisan ilmiah lho…filosofisnya utk mengecek / mempertanggungjawabkan karya ilmiah sdr kepada publik. Selain itu juga utk menghindari plagiarism yg mrpk “virus” bagi penulis. Emm gini aja setidak2nya pake body note ya?…padahal lbh flexible pake footnote coz sdr bisa kasih comment pjg-lebar gitu..dan prinsipnya semakin banyak footnote/referensi akan semakin baik sebuah karya. Ingat ya…emmm mengutip pendapat seseorang/tokoh bukan hal yg tabu dlm dunia kepenulisan bahkn malah cenderung dianjurkan gitu dech…

  8. nyOloT Said,

    paK………!!!!!
    Temanya aPa haRus yg uP todaTe? di KajiaN maTeri di Isi aP? mSak maTeri tetang babnya itu dari awAl samPe akir ato cuMa poin2-e tok?

    yang di Foot-noTe itu cuma penDApat orang tok?
    kLo ngopy daRi intErnet taPi gaK tau SiaPa yang biKin GimaNa???????!

    terUS daPtaR pusTakanya kLo semUa daRi intErneT giManA?????!!!!

    BALes yo!!!!!!! pentIng nEh………………!

  9. mega'08 Said,

    pak bingung, di klik tetep gak bisa. apa karena aku yang gaptek ya pak..hehehe.

    pak…karena saya gak bisa, boleh minta manual ya lewt laptopnya bapak.hehehe.
    boleh kan pak??

  10. suneo Said,

    wah makasi y mas materina jadi ga usa cpe” nyatet..

    tgasna susah mas. . .

  11. Niko Estradiyanto FH'08 Said,

    My Theme 4 my presentation:

    “LEADERSHIP or LEADERSLEEP?”

    ^_^

    Btw, pak… Buka FS nya dunkZ… FS qu blum di Approval…

    Please, open it…

    T.T

    Hehehe….

  12. Niko Estradiyanto FH'08 Said,

    Terkadang,, bila qta melihat dari kacamata awam, antara plagiarism (paham

    plagiat) dengan mengutip hasil karya orang lain tidaklah memiliki perbedaan

    yang signifikan…

    Hanya yang menjadi kesalahan yang fatal ialah ketika kadar dari hasil kutipan

    karya orang lain tsb terlampau melebihi batas…

    Ujung2nya dapat mengakibatkan apa yang disebut dengan plagiarism,,

    ataw dalam bahasa populernya disebut JAPLAK… ^_^

  13. vivie'08 Said,

    pak… stress ni bikin makalahnya…… makalahnya sederhana aja ga apa2 ya pak.. kan yg penting buatan sendiri……..

  14. Niko Estradiyanto FH'08 Said,

    Hot News!

    Pay Attention, pls…

    Topic: Catatan Kaki atau Footnote

    —> Catatan kaki dicantumkan sebagai pemenuhan kode etik yang berlaku

    sebagai penghargaan terhadap karya orang lain. Catatan kaki dipergunakan

    sebagai pendukung keabsahan penemuan atau pernyataan penulis yang

    tercantum di dalam teks atau sebagai petunjuk sumber; tempat memperluas

    pembahasan yang diperlukan, namun tidak relevan jika dimasukkan didalam

    teks, penjelasan ini dapat berupa kutipan pula, referensi silang, yaitu

    petunjuk yang menyatakan pada bagaian mana halaman berapa, hal yang

    sama dibahas di dalam tulisan, tempat menyatakan penghargaan

    (apreciated) atas karya atau data yang diterima dari orang lain.

    CARA MEMBUAT FOOTNOTE:

    —> Catatan kaki dicantumkan pada kaki halaman karangan atau di setiap

    akhir bab karangan. Blok kata akhir yang menjadi kutipan, lalu pilihlah Insert.

    Kemudian reference lalu pilihlah footnote. Terakhir tulis sumber referensi

    kutipan anda yang ada pada kolom footnote yang tersedia. Ada pun contoh

    penyusunannya sbb:

    1) Nama belakang penulis, judul buku (Tempat : Penerbit, Tahun), halaman.

    2) Nama belakang penulis, “Judul Artikel”, dalam Nama Surat Kabar, Tanggal,

    Bulan, dan Tahun, Halaman.

    3) Nama belakang penulis, “Judul Artikel”, Nama Majalah, Edisi/Nomor,

    halaman, Tempat.

    4) Nama belakang penulis, “Judul Artikel,” dalam Nama Antologi dan penulis

    (Tempat : Penerbit, Tahun), Halaman.

    5) Nama belakang penulis, “Judul Makalah”, Data Publikasi, Halaman.

    6) Nama belakang penulis, “Judul Laporan Tugas Akhir” (Tempat : Nama

    Perguruan Tinggi, Tahun), Halaman.

    7) Nama belakang penulis, “Judul Skripsi/Tesis/Disertasi” (Tempat : Nama

    Lembaga/Perguruan Tinggi), Halaman.

    8) Nama belakang penulis, “Judul Artikel”, dalam Alamat Website Internet.

    Contoh Aplikasi:

    1Arsyad, Ekonomi Menejerial (Yogyakarta : BPEE, 2000), hlm.3.

    2ibid.

    3Sukirno, Pengantar Teori Mikroekonomi (Jakarta : Rajawali Pers, 2002),

    hlm. 4.

    4Melayu, Dasar-dasar Perbankan (Jakarta : Bumi Aksara, 2005), hlm. 12.

    5Arsyad, loc. cit.

    6Sukirno, op. cit., hlm. 5.

    KETERANGAN:

    1Arsyad, Ekonomi Menejerial (Yogyakarta : BPEE, 2002), hlm. 3.

    —> Artinya, untuk footnote yang pertama, Anda mengambil kutipan dari buku yang berjudul Ekonomi Menejerial Karangan Lincoln Arsyad, halaman ke-3 yang diterbitkan oleh BPEE pada 2000 di Yogyakarta.

    2Ibid.
    —> Artinya, sumber bacaan yang kedua sama dengan sumber bacaan di atas (footnote 1).

    3sukirno, Pengantar Teori Mikroekonomi (Jakarta : Rajawali Pers, 2002),
    hlm. 4.
    —> Artinya, sumber bacaan yang ketiga berasal dari buku Pengantar Teori Mikroekonomi halaman ke-4 yang ditulis oleh Sadono Sukirno. Buku ini diterbitkan di Jakarta oleh Rajawali Press pada 2002.

    4Melayu, Dasar-dasar Perbankan (Jakarta : Bumi Aksara, 2005), hlm. 12.
    —> Berarti, footnote keempat ini diambil dari buku Dasar-dasar Perbankan halaman ke-12 yang ditulis oleh Melayu pada 2005 dan diterbitkan oleh Bumi aksara.

    5Arsyad, loc. cit.
    —> Berarti, footnote ini bersumber sama (nama penulis, judul buku, penerbit, tahun, dan halaman) dengan di atas (footnote nomor 1 atau buku yang ditulis oleh Arsyad) yang sudah diselingi sumber bacaac lain (diselingi oleh sumber bacaan dari pengarang Sukirno dan Melayu).

    6Sukirno, op. cit., hlm. 5.
    —> Berarti, sumber bacaan pada notasi ke-6 ini sama dengan di atas (footnote nomor 3 atau buku yang ditulis Sukirno), tetapi halaman berbeda dan sudah diselingi sumber bacaan lain.

    Ok, Friends… Sekian info dari aq… Semoga dapat berfaedah bagi teman2

    sekalian… Thank you 4 ‘ur attention… ^_^

    GBU.

  15. Niko Estradiyanto FH'08 Said,

    Question:

    Pak, berdasarkan yang saya tahu dan informasi yang saya dapat,

    Untuk nama pengarang dalam footnote: dapat ditulis tanpa dibalik (sesuai urutan

    namanya), dapat dibalik, dan dapat pula ditulis nama belakangnya saja.

    Hal ini dikatakan tergantung sesuai dengan ketentuan.

    Nah, pak… yg jd pertanyaan saya adalah:

    Ketentuan atau aturan dalam makalah yang bpk berikan, menggunakan cara

    penulisan nama pengarang yang mana…?

    Mohon petunjuk… ^^

    Matur sembah suwun enggih…

  16. mulyanto Said,

    Prinsipnya begini : Sama-sama belajar seyogyanya belajar yg benar sekalian.

    Emm..pertanyaan yg baguz2…utk tema ambil salah satu tema/kasus aja..usahakan yg update kan jadi lebih keren tdk kadaluarsa..he.hee..btw yg di footnote itu kutipan (mengambil sumber org lain)..usahakan sumbernya variasi jangan melulu jurnal. Sumber yg baguz berdasarkn pengalamanq ikut LKTM itu yg nilainya tertinggi gradasi (tingkatannya) sbb : Jurnal, buku, koran/majalah the last internet.
    Yupz yg sederhana tapi itu produk intelektual sdr jauh lebih dihargai drpd karya agung tapi produk org lain…dibuat simple aja dg sersan (serius tapi sanatai)…

    Utk pola penulisan footnote nama pengarang dibalik ato tdk tergantung aturan…krn sejak upload belum ada aturan berarti itu bebas.. (dlm slh satu penafsiran hukum itu: jika tidak diatur dpt diartikan boleh), so..silakan mw pilih mana…tapi yg penting adalah KONSISTENSINYA… artinya jika sejak awal nama dibalik, ya seterusnya begitu dan sebaliknya…

  17. nez Said,

    mas . . . .
    referensi na dari internet smua boLe tha ?
    teuz cara mencantumkan tanggaL onLine na gmn?

  18. naa'o8 Said,

    ass.. pak , kl makalahna lbh dr 20 lembar bole gk?? . pusing nuii pak .

  19. SHINTA- 08 Said,

    PAK SAYA BINGUNG NI MENGERJAKAN REKOMENDASINYA, REKOMENDASI ITU KAN SARAN. YG DIMAKSUD KAN ITU SARAN BUAT PEMBACA UNTUK SAYA ATAU GIMANA?
    ATAU SAYA MENYARANKAN KEPADA SIAPA?
    KALAU YG DIMAKSUD SARAN DARI SAYA UNTUK PERKEMBANGAN KEDEPAN TENTANG MAKALAH YG SAYA BUAT, SAYA BINGUNG MAU KASIH SARAN APA. SOALNYA KAN SAYA TEMA NYA BBM, DI PEMBAHASAN ADA TENTANG SUBSIDI BBM NYA. TAPI KALAU SAYA MENYARANKAN SUBSIDI DI TAMBAH AGAR KEBUTUHAN POKOK MENURUN TETEP AJA ADA SEGI NEGATIFNYA, KALAU BBM KEBANYAKAN SUBSIDI KAN NANTI MEMANCING PARA ILEGAL EKSPORT. NANTI BANYAK YG MENYELUNDUPKAN BBM DALAM NEGERI KE LUAR NEGERI DUNK.
    TAPI KALU SARAN SAYA PENCABUTAN SUBSIDI OTOMATIS NTAR BANYK YANG KOMPLAIN DUNK , KAYA KEMARIN , SBY BARU BILANG “RENCANA” BBM DI NAIKAN…. PENOLAKAN UDAH TERJADI DMNA2………………
    ???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????///
    ????????????????????????????????????????????????????????????????????????
    ???????????????????????????????????????????????????????????????????
    ???????????????????????????????????????????????????????????????????
    |????????????????????????????????????????????????????????????????????????
    ????????????????????????????????????????????????????????????????????????
    ???????????????????????????????????????????????????????????//

  20. mulyanto Said,

    utk dik nez : sbaiknya sumber variasi mulai jurnal, buku, artikel koran cs….tapi kalo mw pake internet…dicopy paste sumbernyanya (http) and fibri tanggal pengaksesan

    utk dik naa’
    kalo mw nambah 20 lbr welcome…dulu kan dah disampein & di file tgs jg ada ketentuan itu…sebuah adagium “sekali dayung dua pulau terlampaui” bisa bwt tugas sosiologi n kalo ada momentum LKTM tinggal diikutkan..ciip to..

    utk di Shinta
    bagus dunk berarti ada fluktuasi yg bisa dicermatiiii n dianalisis..
    rekomendasi=saran itu harus diambil dari poin kesimpulan, jadi ga bisa sekonyong2 muncul begitu aja tanpa ada dasar dlm pembahasan gitu dech..mw kritiknya pedas, maniz or lezat bagi pmrth tdk mslh itu karya sdr koq…

    Pokoknya sukses smw buat kalian..Pasti Bisa

Add A Comment

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image